MOHON MAAF BLOG INI LAGI DALAM PERBAIKAN. klik SELANJUTNYA jika ingin melihat postingan saya

06 Jun. 2013

CARA MERAWAT BATERAI LAPTOP


Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama:

Beriku ini merupak beberapa tips bagaimana cara merawat baterai laptop / notebook yang benar agar baterai dapat berumur panjang, .
  1. Jangan melepaskan baterai dalam keadaan laptop/notebook hidup. Pastikan Laptop / Notebook dalam posisi off
  2. Ketika pertama kali membeli Laptop/ Notebook baterai baru isi baterai hingga penuh 100% dahulu, kemudian cabut adaptor dan gunakan sampai level baterai seminimal mungkin baru charge lagi, untuk tahap ini jangan melakukan charge saat kapasitas baterai masih diatas 10%  lakukan langkah diatas sebanyak 3x maksud diatas adalah agar baterai memperoleh kapasitas maksimal penyimpananya.
  3. Pastikan suhu ruangan dalam keadaan normal (tidak terlalu panas) karena suhu yang tinggi mempengaruhi performa betarai, jika menggunakan laptop dalam waktu lama usahakan memekai bantalan kipas laptop sehinggal panas dari laptop atau notebook anda cepat terbuang.
  4. Semua baterai mempunyai life cycle / siklus isi ulang yang terbatas, dan grafik siklusnya cenderung menurun,semakin banyak baterai mengalami proses charge-dischare, maka kapasitas baterainya pun akan semakin menurun, maka dari itu hindari melakukan sistem charge yang kurang baik yaitu Charge Discharge (CdC). Apabila baterai penuh maka adaptor dilepas dan ketika baterai mulai habis baru adaptor di pasang lagi.
  5. Hindari baterai kosong sampai 0% karena nantinya akan mempengaruhi Cycle Count pada baterai.
  6. Mayoritas sistem charging pada laptop sekarang sudah memakai automatic charging dimana arus yang mengisi baterai pada laptop akan dihentikan secara otomatis ketika baterai sudah berada pada level penuh 100% jadi jangan takut melakukan cara ini akan membuat baterai anda menjadi (soak). lebih baik memakai cara ini dari pada Charge and Discharge.
  7. Dalam kondisi menggunakan baterai usahakan tidak melakukan pekerjaan olah data yang berat pada laptop atau notebook karena olah data atau pekerjaan yang berat seperti grafis (memutar fim dengan resolusi tinggi / game berat) akan memakan atau mengkonsumsi daya yang cukup banyak sehingga baterai menjadi cepat habis, dan hal ini akan berdampak negatif pada baterai sobat semua.
  8. Charge laptop/ Notebook anda pada level kisaran 15-20%, berdasarkan pengalaman pengecasan pada level yang rendah akan berakibat buruk pada komponen hardware laptop / notebook anda, karena tegangan yang turun akibat konsumsi daya hardware dibawah ambang normal dapat merusak komponen, seperti halnya hardisk (dapat menyebabkan bad sector, hati-hati), sedangkan pengecasan pada level diatas 20% pun kurang baik karena akan menyebabkan kapasitas maksimum baterai menjadi berkurang.
  9. Hindari baterai dari air dan panas matahari
    Baterai paling anti dengan dua hal terebut, air dapar menyebabkan korosi pada terminal baterai, dapat juga menyebabklan hubung singkat baterai, sedangkan sinar matahari dapat membuat suhu baterai meningkat sehingga komponen didalamnya akan memuai dan mengalami perubahan seperti baterai menjadi menggembung.
  10. Jika baterai sudah menunjukkan itikad yang kurang baik..hee , maksudnya cepat habis segeralah ganti baterai anda karena baterai yang sudah “soak” dapat membahayakan komponen dalam laptop / notebook anda.
Nah itulah sedikit tips cara merawat baterai laptop dari saya, semoga tips cara merawat baterai laptop diatas dapat menambah wawasan dan berguna pula bagi kita semua.


Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet 
      Bagi pengguna laptop, Anda harus tahu bahwa tidak semua kerusakan laptop terjadi pada software, namun bisa pada hardware. Hal yang sering kita jumpai adalah baterai yang cepat drop atau habis dayanya. Padahal baru menggunakannya 1-2 jam untuk aktivitas kerja.
Nah, Anda harus mengetahui tips merawat baterai agar awet. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli baterai yang harganya lumayan mahal. Berikut adalah tips untuk menjaga performa baterai laptop.
  1. Letakkan pada tempat yang keras
Panas adalah salah satu penyebab dari menurunnya performa baterai, jangan taruh laptop di tempat yang empuk seperti kasur atau bantal yang menyerap panas karena panas yang keluar akan terserap dan diam di laptop.
  1. Gunakan listrik dengan tegangan stabil
Ketika charge baterai, perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat adaptor rusak dan performa dari baterai drop.
  1. Defrag Hard Disk
Lakukan defrag hard disk secara rutin, dengan melakukan hal tersebut maka kinerja hard disk akan lebih baik dan otomatis mengurangi beban penggunaan baterai. Defrag hard disk dapat menggunakan software Auslogics Disk Defrag.
  1. Hibernate dan Standby
Hibernate lebih irit penggunaan baterai daripada Standby, karena beberapa service akan di-non-aktifkan sementara saat mode hibernate.
  1. Hard Disk dan CD-ROM
Lebih banyak menggunakan hard disk lebih hemat baterai daripada menggunakan CD-ROM yang lebih boros dalam pemakaian.
  1. Kontak Baterai
Rutin membersihkan kontak baterai menggunakan kain yang dibasahi alkohol akan membuat kontak bersih dan transfer daya listrik lebih optimal.
  1. Power Option
Pilih pilihan Optimize, karena akan menampilakn efek maksimal dengan penggunaan maksimum baterai.
  1. External Device
External Device seperti hard disk external, wifi, bluetooh dan lainnya akan menguras penggunaan baterai anda. Jika tidak sedang digunakan sebaiknya dilepas dari laptop.
  1. RAM
Semakin besar RAM maka semakin irit penggunaan baterai, karena performa laptop akan lebih ringan dengan RAM yang besar, dengan begitu baterai juga berkurang beban penggunaanya.

0 komentar:

Plaas 'n opmerking